Pantai Semeti yang keji

keji? yang bener aja pantai yang tidak berdosa dibilang keji. tapi kenyataannya memang begitu. Pantai ini telah menyebabkan sepatu saya bolong, rok saya sobek dan hati saya terguncang (lebay ya? yaudah lah)

so, pantai ini terletak di Lombok Tengah bagian selatan. kalau dari Pantai Kuta, ke arah barat. di jalan yang sepanjang bagian kirinya pantai. seperti pantai Mawun dan pantai Telawas. kebanyakan pantai di daerah sini memiliki tanda berupa plang kecil atau sedang agar pengunjung tahu. tapi tidak dengan pantai Semeti yang tidak mempunyai tanda (atau mungkin sekarang sudah ada saya kurang tahu). pantai Semeti bersebelahan dengan pantai Mawi. dan untungnya pantai Mawi mempunyai plang. di awal jalannya sudah di aspal namun banyak batu bertebaran dan jalannya pun menanjak jadi saya sarankan untuk berhati-hati. setelah itu akan terlihat pos (untuk membayar tiket masuk). nah, biasanya di pantai-pantai lain dari pos ke pantai mungkin hanya memakan waktu sepersekian detik. tidak dengan pantai ini. dari pos hingga ke pantai mungkin bisa 20 menit. dan karena saya datang ke situ di musim hujan dan jalan setelah pos berupa tanah murni dicampur genangan-genangan air. jadilah becek, sangat-sangat becek. saya tidak menghitung berapa kali harus turun dari motor karena motornya terjebak di lumpur dan akhirnya harus di tuntun keluar dengan di dorong. oh iya, jadi nanti di tengah perjalanan akan ada semacam pertigaan. kanan ke arah pantai Mawi dan kiri ke arah pantai Semeti.

setelah itu sampailah di pantai Semeti. pantai yang benar-benar sepi. hanya ada berugaq (seperti rumah kecil khas suku sasak untuk duduk-duduk). tidak ada tukang parkir, tidak ada kios yang menawarkan jajanan layaknya di seribu pantai lainnya. tidak ada. saya sarankan ketika sudah sampai di pantai untuk terus berjalan ke arah kiri, apabila kau menghadap bibir pantai. karena di situlah letak kehidupan pantai ini.

IMG_20161223_143605-ANIMATION

karena saat itu musim hujan. ombak di pantai Semeti ini benar-benar ganas (seperti yang terlihat di Gif di atas). jangankan berenang, menyentuh airnya saja saya takut. juga dikarenakan tidak ada pasir ataupun kerang, tidak seperti di bagian awal pantai ini yang seperti layaknya pantai biasa. dan inilah yang membuat Semeti luar biasa.

di bagian ini. pantainya di kelilingi oleh batu-batu besar dan tinggi yang menjulang, menantang ombak-ombak yang sepertinya cukup berani. dan ini yang membuat sepatu saya bolong, dan rok saya sobek karena tergores batu ketika nekat menaiki salah satu batu tinggi yang akhirnya membuat saya basah kuyup karena hampir terhempas ombak. bahkan salah satu teman saya benar-benar terhempas ombak dan terjatuh di atas tumpukan batu-batu. saya mengira ia akan terbawa ombak lalu menghilang ke samudra sana seperti di film-film. tapi untungnya ia hanya terluka di bagian perut.

IMG_20161223_144841
ternyata ada kerang di antara batu-batu ini kalau kau cukup teliti
IMG_20161223_143836
kenangan terakhir bersama sepatu saya :’)

dan ada satu bukit batu yang paling tinggi di pantai ini. ia seperti menjadi primadona. kalau kau cari di Instagram, kau akan tergiur melihatnya. saya tentu saja tak ingin melewatkan kesempatan untuk berfoto dengan bukit ini. tapi karena keadaan yang mengenaskan ditambah ombak yang ganas dan tidak ada kamera waterproof jadi saya dan teman-teman saya mengambil foto sedapatnya saja. untuk bergaya pun tak sempat demi kelangsungan hidup setelah pulang dari tempat ini.

IMG20161223141932
dan ini satu-satunya foto yang saya dapat di depan bukit batu tersebut

jadi, saya akan memberi beberapa saran kalau kalian ingin ke pantai ini

  1. jangan datang di saat musim hujan
  2. lebih baik mengendarai motor daripada mobil
  3. siapkan bekal sendiri karena tidak ada yang berjualan
  4. kalau memakai sepatu, pakailah sepatu olahraga, jangan sepatu kuliah seperti saya karena kita tidak ingin lagi ada korban-korban sepatu berjatuhan.

oh iya, tolong di maklumi foto-fotonya yang suram dan tidak ceria karena saya datang ke situ saat cuaca sangat mendung :”)

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s