yang tersembunyi di Bukit Tinggi

oke, mungkin kalian bakal bayangin Bukit Tinggi nun jauh di Sumatera sana dan bertanya-tanya dapet duit dari mana ni mahasiswa kere buat jalan-jalan ke Bukit Tinggi? wkwkwwk.

tapi nyatanyaa, Lombok juga punya Bukit Tinggi! tepatnya Desa Bukit Tinggi di Kecamatan Gunung Sari, Lombok Barat. saya juga baru tau ada desa bernama tersebut di Lombok ketika teman-teman saya mengajak ke salah satu air terjun yang berada di desa tersebut. awalnya saya malas, ya karena tempatnya tidak terlihat bagus dalam bayangan saya. tapi ternyata emang sayanya yang kurang menjelajahi hal-hal di sekitar karena tempat nya hanya sekitar 25 menit dari depan gerbang rumah.

dan dari situlah saya mengetahui desa yang bernama Bukit Tinggi ini. dan desa ini masih bener-bener desa. jalannya saja kelihatan baru selesai di aspal ketika saya ke sana. namun jalan ke air terjun nya. tidak usah di tanya. sangat ekstrim. jalan sempit di tambah jurang di sebelah kanan dan bebatuan yang besar di sepanjang jalan yang membuat tangan saya pegal karena harus menahan beban motor. untungnya cuaca lumayan cerah saat itu karena kalau tidak jalanan itu akan berlumpur dan lebih menyusahkan lagi.

DSC_0102
pemandangan dari pinggir jalan

dan setelah tangan mulai lelah menahan beban motor akhirnya kami sampai di tempat parkir yang sepertinya masih baru. dan meneruskan perjalanan ke bawah. sekitar beberapa langkah dari tempat parkir, kami menemui pertigaan. kiri ke arah kolam dan kanan ke arah air terjun. kami memilih pergi ke arah kanan yang menuju ke air terjun. jalan ke bawah tidak terlalu lama dan untungnya bukan bebatuan walaupun cukup terjal dan membuat kita harus berhati-hati.

DSC_0075
jalan menuju air terjun

dan satu hal yang lebih menarik tentang air terjun yang bernama Tiu Kelambu ini adalah, kau harus menuruni tangga kayu untuk sampai ke air terjunnya.

DSC_0008
iya, tangga ini maksud saya

dan kau harus berhati-hati karena seperti yang bisa di lihat, jarak tanah dan tangga terakhir lumayan tinggi (untuk orang pendek seperti saya tentunya). dan karena saat itu musim hujan, jadi tangga nya lumayan licin.

saya tidak tahu air terjun ini baru terkenal, kurang menarik atau bagaimana karena saya lihat-lihat di akun-akun wisata Lombok tidak pernah menemukan tempat ini di post. dan juga, di sini sangat sepi (atau mungkin karena itu jam kerja dan sekolah ya?). hanya ada sekelompok remaja yang beranjak pulang ketika kita sampai di tempat dan menyisakan kami, membuat seolah-olah air tejun ini milik pribadi. simply awesome right? 

DSC_0007
daan this is it!

kolamnya tidak besar dan tidak kecil juga, pas untuk sekedar berenang atau berendam karena kolamnya pun tidak dalam. bahkan kaalau kau cukup tinggi mungkin bisa sampai di bawah air terjunnya.

DSC_0006
a little more close up

dan setelah puas ciprat sana sini, jepret sana sini. kami memutuskan untuk naik yang ternyata sangat melelahkan karena di awal kami turun di jalan yang lumayan terjal dan sekarang harus menaikinya.

tapi semua terbalas dengan bagusnya air tejun kecil di Bukit Tinggi tadi.

jadi buat siapapun yang di sekitar Mataram dan ingin ke air terjun yang tidak jauh. datanglah ke sini. really worth it 🙂

Advertisements

1 thought on “yang tersembunyi di Bukit Tinggi”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s