pesona Ramadhan di Lombok Sumbawa

day 18 of Ramadhan!

ga kerasa kalau kita sudah hampir di 10 hari terakhir bulan Ramadhan. kalo udah gini tu rasanya sedih campur seneng. sedih karena Ramadhan selanjutnya masih taun depan dan seneng karena bentar lagi hari raya idul fitri.

tapi Ramadhan di setiap daerah pasti beda rasanya. saya pernah menghabiskan Ramadhan di negara yang penduduknya mayoritas non muslim. dan rasanyaa, ya tidak terasa hahaha. Ramadhan sama saja seperti hari-hari biasa. ya kecuali ketika berada di rumah.

dan saya sangat sangat bersyukur karena sekarang tinggal di Lombok. pulau seribu masjid. pulau di mana belok dikit ada masjid, lurus dikit ada masjid lagi. ya intinya ada masjid di mana-mana. saya ga lebay lo ya tapi emang ini kenyataan. coba aja ke Lombok kalo ga percaya.

dan karena banyaknya masjid ini bisa dipastikan ketika bulan Ramadhan, suasananya rame banget. azan dari setiap masjid bersahutan dari berbagai penjuru. apalagi tahun ini, Ramadhan pertama Masjid Hubbul Wathan atau biasa disebut Islamic Center ada secara resmi. sebenarnya masjid ini sudah ada sejak tahun lalu namun ini pertama kalinya digunakan untuk kegiatan bulan Ramadhan. dan ga tanggung-tanggung mereka mendatangkan 4 imam besar dari 4 negara berbeda di timur tengah. semangat masyarakat pun semakin memuncak untuk ibadah di bulan ini.

begitu juga dengan saya, walaupun belum pernah shalat tarawih di Islamic center namun Ramadhan ini memang terasa lebih meriah dengan adanya Islamic center karena mereka juga mengadakan berbagai macam lomba. dan saya pun menulis ini juga karena mengikuti salah satu lomba yang mereka adakan yaitu lomba blog, jadi untuk kalian yang ingin ikut lomba blog juga bisa klik di sini.

beberapa hari yang lalu, saya dan beberapa teman saya memutuskan untuk buka puasa di Islamic center karena katanya ada takjil gratis setiap harinya. karena ketika sampai di sana waktu buka masih lumayan lama kami jalan-jalan di sekitar pelataran masjid. dan ketika sampai di bagian kiri masjid hati saya langsung berbunga-bunga karena melihat ini.

 

 

suatu kebahagiaan kalo liat buku diskon. yang tadinya uang di dompet buat beli yang lain akhirnya terkuras juga buat beli 2 buah novel.

di ruangan belakang tempat bazaar buku ini ada pameran benda-benda kuno NTB yang berkaitan dengan islam. dan di bagian kiri ada pameran replika pedang Nabi yang ramai dikunjungiย especially sore ketika masyarakat pada ngabuburit.

 

PANO_20170605_172130
pameran replika pedang nabi

dan setelah keliling pameran tersebut kami mendapatkan takjil gratis di begian belakang masjid. dan setelah shalat kami masih mendapatkan nasi kotak yang melengkapi kebahagiaan hari itu.

pada malam hari pun tak kalah ramai dengan sore hari. baik di dalam masjid yang ramai oleh orang-orang tarawih dan di luar masjid oleh pedagang makanan di bazaar makanan dan anak-anak yang main di lapangan samping area masjid.

P_20170602_215957
anak-anak yang bermain di lapangan samping masjid

jadii itu sekian gambaran suasana Ramadhan di Islamic center. namun tentu saja kemeriahan Ramadhan tidak hanya terlihat di Islamic center namun di setiap sudut pulau Lombok. dan ini bisa dirasakan oleh setiap orang. pada waktu sore misalnya, jalan-jalan akan lebih ramai oleh penjual makanan dan kelapa muda. ya, pada waktu Ramadhan kelapa muda membanjiri jalanan dan sangat gampang ditemukan. dan hal lain yang hanya bisa ditemukan ketika bulan Ramadhan adalah banyak orang berbagi takjil gratis di jalan yang biasa dilakukan oleh organisasi.

setelah tarawih selesai pun masjid-masjid tidak langsung sepi karena diramaikan oleh orang-orang yang membaca Al-quran. bahkan ketika saya terbangun jam 2 malam saya masih bisa mendengar nya, salah satu hal yang membuat saya susah move on dari bulan Ramadhan.

ya mungkin tulisan saya di atas cukup bisa membuat kalian membayangkan bagaimana suasana Ramadhan di pulau Lombok. atau bahkan membuat kalian ingin ke Lombok?

Advertisements

8 thoughts on “pesona Ramadhan di Lombok Sumbawa”

  1. Oh… My… God… After reading this article, i can’t wait to go to Lombok and see with my own eyes the beauty of Islamic Center, and the unique of museum and i hope when Ramadhan comes i will spend my time in Lombok… Cheers

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s